Blackboomedia – Blog pada website dapat meningkatkan kesadaran merek (brand), meningkatkan lalu lintas pengunjung website, mendorong konversi dan meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian. Ini merupakan faktor penting yang mendorong pertumbuhan website dan bisnis melalui media online.

Mengapa halaman Blog penting untuk bisnis Anda?

Kami memulai artikel ini dengan mengatakan bahwa blog bisnis bagus untuk kedaran merek (brand awareness), lalu lintas, konversi dan peringkat website. Mari kita fakta pendukungnya:

  • Bisnis dengan blog menghasilkan 55% lebih banyak pengunjung situs web (sumber)
  • 77% perusahaan memiliki blog yang mereka perbarui secara teratur (sumber)
  • B2B dengan blog mencapai 67% lebih banyak prospek (sumber)
  • Website dengan blog memiliki hingga 434% lebih banyak halaman yang diindeks oleh mesin pencari (sumber)
  • 55% pemasar B2B menganggap posting blog sebagai konten penting untuk memindahkan calon klien melalui funnel (sumber)
  • Perusahaan dengan blog mendapatkan 97% lebih banyak tautan penambah SEO ke situs web mereka (sumber)
  • Tingkat penutupan prospek yang diperoleh dari konten yang dioptimalkan seperti postingan blog mencapai 14,6%, vs 1,7% dengan metode pemasaran tradisional (sumber)

 

Bagaimana blog dapat meningkatkan SEO?

Blog adalah cara terbaik bagi bisnis untuk memberikan apa yang diinginkan Google, dan mendapatkan apa yang kita inginkan sebagai balasannya: yaitu muncul di hasil penelusuran untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Katakanlah Anda menjual produk. Banyak perusahaan lain yang menjual produk serupa. Anda jelas ingin berada di halaman pertama untuk pencarian yang berhubungan dengan produk itu. Tetapi orang mungkin mencari banyak frasa berbeda saat meneliti produk itu:

  • Nama produk (“Sepatu lari Nike”)
  • Kategori produk (“Sepatu lari wanita”)
  • Masalah (“Apa sepatu lari terbaik untuk shin splints”)
  • Hasil yang diinginkan (“Di mana membeli sepatu lari Nike” atau “Sepatu lari mana yang bertahan paling lama”)

Bagaimana Anda mengoptimalkan satu halaman untuk semua kata kunci tersebut? Anda tidak mungkin dapat melakukannya. Itulah gunanya Anda memerlukan blog untuk menargetkan kata kunci yang berbeda.

Blog mendukung halaman penjualan Anda dengan menargetkan berbagai kueri yang mungkin dicari pengunjung atau calon pelanggan sebelum melakukan pembelian. 

 

Inilah Manfaat Blog untuk SEO Website Anda

  1. Relevansi: SEO suka memperdebatkan faktor peringkat potensial Google, tetapi semua orang setuju bahwa relevansi halaman dengan kueri apa pun adalah salah satu bagian terpenting. 
  2. Kegunaan: Selain video dan halaman FAQ, Blog adalah cara terbaik untuk menulis jawaban dari pertanyaan tentang pencarian informasi.
  3. Terbaru: Orang cenderung mempercayai (dan mengklik) konten dengan tanggal publikasi terbaru. Menambahkan konten baru secara teratur memiliki manfaat tambahan untuk memikat lebih banyak orang ke situs Anda, yang dapat mengakibatkan lebih seringnya perayapan oleh mesin telusur . lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan peringkat Anda. Anda tidak bisa hanya mempublikasikan halaman atau layanan baru setiap saat, tetapi Anda dapat menulis posting blog kapan pun Anda memiliki topik yang solid.
  4. Kualitas: Pedoman Webmaster Google mencurahkan banyak ruang untuk kualitas konten, karena tugas Google adalah memberikan hasil yang berkualitas. Membuat tugas Anda untuk mempublikasikan konten berkualitas, jika Anda menginginkan peringkat yang baik. Posting blog adalah cara terbaik untuk menunjukkan kualitas situs Anda melalui salinan dan visual yang kuat, kecepatan halaman, otoritas topikal, dan banyak lagi.
  5. Keterpercayaan: Ketika membahas topik yang memengaruhi uang atau kesejahteraan seseorang, Google sangat peduli tentang keterpercayaan konten Anda (lihat sistem evaluasi E-A-T-nya). Meskipun bukan faktor peringkat langsung, kita semua tahu bahwa Google memberi peringkat yang lebih tinggi untuk website terpercaya. 

Posting blog juga membantu Anda menunjukkan kepada Google kualifikasi Anda untuk faktor peringkat lain yang tak terhitung jumlahnya seperti kedekatan (kata kunci dan topik lokal), popularitas (tautan dan berbagi media sosial), keterlibatan pengguna (waktu yang dihabiskan untuk terlibat dengan konten), ditambah kata kunci, panjang konten, topikal kedalaman, dan banyak lagi.

 

Bagaimana Blog Mendorong Konversi

Blog bisnis yang baik adalah membangun kesadaran akan perusahaan Anda, dan membawa calon pelanggan pada konversi. Para pengunjung website inilah pelanggan potensial, jika Anda dapat mempertahankan mereka.

Kata kunci yang dianalisa dan diriset dengan cermat dapat membantu menarik pengunjung yang tepat dan meningkatkan peluang lebih tinggi terjadinya konversi penjualan.

Blog B2C lebih cenderung mendorong penjualan secara langsung, karena perbandingan produk, fitur, atau pengumpulan dapat memberikan informasi yang cukup untuk memutuskan membeli.

Blog B2B cenderung membutuhkan lebih banyak konten dan jangka waktu yang lebih lama sebelum terjadinya konversi penjualan. Inilah mengapa penting untuk Website Anda memiliki lebih banyak konten berkualitas.

Apakah pengunjung website langsung menjadi pelanggan? Terjadi Konversi?

Hal ini bergantung pada banyak variabel, termasuk kualitas konten Anda, kekuatan desain UX Anda, dan tentu saja, kualitas penawaran produk dan jasa Anda.

 

Seberapa sering saya harus ngeblog?

Seperti halnya panjang konten, tidak ada angka pasti mengenai seberapa sering Anda harus menulis blog.

Dengan demikian, sangat ideal untuk menerbitkan konten baru setidaknya sekali per bulan. Ini membuat website Anda tetap update, memberi peluang untuk meningkatkan peringkat website (atau memberi peringkat untuk kata kunci baru), dan memberi sesuatu untuk dibagikan di media sosial.

Target satu artikel setiap bulan dapat memberi Anda banyak waktu untuk meneliti topik, menulis, mengedit, sumber gambar, dan memformat posting Anda sebelum diterbitkan.

 

Kiat untuk meningkatkan kuantitas konten tanpa mengorbankan kualitas:

  • Simpan daftar ide topik yang akan ditulis, sehingga Anda dapat memanfaatkan setiap peluang saat Anda merasa kreatif atau punya waktu untuk menulis.
  • Gunakan kembali konten dengan mengubah presentasi, laporan resmi, studi kasus, penelitian, atau video menjadi postingan blog.
  • Membagi beban kerja, bisnis Anda mungkin penuh dengan orang-orang dengan ide, kepribadian, dan keahlian hebat, yang dapat membuat konten dengan bantuan Anda.

 

Apa yang harus saya tulis di Blog

Menemukan topik blog adalah tantangan besar yang dapat menyebabkan penundaan besar dalam menulis, dan membuat rasa malas setiap kali ingin menulis blog.

  • Periksa peringkat kata kunci Anda di alat SEO (kami menggunakan SEMRush), identifikasi kata kunci yang rangkingnya ingin anda tingkatkan dan membuat konten di sekitar itu.
  • Periksa peringkat pesaing Anda dan tulis topik yang membuat mereka mengungguli Anda.
  • Jika anggaran Anda terbatas, Anda dapat mendaftar untuk uji coba gratis alat SEO apa pun dan melakukan riset kata kunci sebanyak mungkin selama masa uji coba.
  • Ketik ide topik di Google dan lihat pertanyaan ‘orang juga bertanya’ – itu adalah ide potensial, baik untuk topik atau judul dalam topik artikel blog.
  • Ketik bagian dari ide Anda ke Google dan lihat apa yang disarankan oleh pelengkapan otomatis (pencarian populer).
  • Ajukan pertanyaan yang sering diajukan kepada tim penjualan dan/atau layanan pelanggan Anda.
  • Mencari ide seputar produk dan jasa Anda di Sosial Media.